Blog

Ayo Jadi Orang Tua Asuh bagi Keluarga Difabel Dhuafa

Informasi Program

Program Orang Tua Asuh (OTA) bagi pelajar/mahasiswa penyandang disabilitas/difabel (istilah pengganti penyandang cacat, red.) maupun pelajar/mahasiswa yang berasal dari keluarga penyandang disabilitas/difabel merupakan salah satu bentuk program di bidang sosial untuk membantu para penyandang disabilitas dalam pembiayaan kebutuhan yang menunjang pendidikan mereka atau pendidikan anak-anak mereka.

Gambaran program selengkapnya dapat dibaca di Halaman Gerakan Orang Tua Asuh bagi Difabel.

Yuk Jadi Bagian Gerakan Sosial ini

Anda dapat bergabung dalam program ini dengan menjadi Orang Tua Asuh dengan komitmen bantuan dana minimal selama 1 (satu) tahun sebagai berikut:

  1. Donasi Orang Tua Asuh bagi siswa/i tingkat SD adalah Rp 1.200.000,- (Rp 100.000,- per bulan);
  2. Donasi Orang Tua Asuh bagi siswa/i tingkat SLTP adalah Rp 1.800.000,- (Rp 150.000,- per bulan);
  3. Donasi Orang Tua Asuh bagi siswa/i tingkat SMU adalah Rp 2.400.000,- (Rp 200.000,- per bulan);
  4. Donasi Orang Tua Asuh bagi mahasiswa/i tingkat Diploma III/Sarjana adalah Rp 3.000.000,- (Rp 250.000,- per bulan);
  5. Donasi untuk pendanaan kegiatan pendampingan, pelatihan dan pembelian peralatan pendukung belajar dapat disampaikan dalam bentuk uang tanpa batasan nominal atau berupa barang (peralatan sekolah, dsb.).

Keterangan:

  • Donasi dapat disampaikan sekaligus untuk 1 (satu) tahun ataupun disampaikan berkala (setiap bulan atau setiap 3 bulan dst.). Donasi Anda akan disalurkan jika sudah mencapai nilai 1 (satu) tahun untuk menjamin keberlangsungngan penyaluran dana kepada pelajar/mahasiswa penyandang disabilitas/difabel dhuafa maupun keluarga difabel dhuafa;
  • Donasi dalam bentuk uang dapat disampaikan melalui rekening Bank Mandiri 130-00-127-0484-0 atas nama Yayasan Daya Akselerasi Aditama. Cantumkan keterangan pada saat transfer misal OTA SD, donasi alat sekolah, dsb. atau lakukan konfirmasi melalui halaman Konfirmasi Donasi pada web daksa.or.id atau layanan kontak kami lainnya.
  • Penyampaian donasi secara langsung atau donasi dalam bentuk barang dapat disalurkan ke Sekretariat Bersama Yayasan Daya Akselerasi Aditama (Yayasan DAKSA) & Komunitas Diffable Inclusive Friendship Forum (Komunitas DIFF) di Jalan Gegerkalong Girang No. 67A – Bandung. Mohon konfirmasi kehadiran sebelumnya untuk memastikan keberadaan relawan kami di Sekretariat.

Jenis Kegiatan

Program Orang Tua Asuh ini diharapkan dapat terdiri dari:

  • Pemberian bantuan dana untuk penunjang pendidikan yang dapat digunakan untuk tambahan biaya transportasi, pembelian penunjang pembelajaran, dsb.
  • Pendampingan anak asuh melalui program tutoring dan mentoring serta pelatihan motivasi belajar, cara belajar serta pengenalan minat bakat siswa.
  • Pelaksanaan kegiatan pelatihan untuk mengasah soft skills dan karakter mereka.

Teknis Pelaksanaan

  • Bantuan dana penunjang pendidikan akan diberikan secara berkala setiap bulan kepada anak asuh dimulai pada awal tahun ajaran yang sedang berjalan,
  • Pendampingan penggunaan dana dan kemajuan prestasi akademik anak asuh akan dipantau oleh Tim dari Yayasan DAKSA melalui sistem pelaporan dari anak asuh secara berkala maupun kunjungan langsung Tim,
  • Pemantauan kegiatan dan kemajuan prestasi akademik anak asuh mengikuti kalender akademik anak asuh yang bersangkutan.

Silakan isi form pendafataran orang tua asuh secara online untuk menjadi Orang Tua Asuh atau hubungi kami melalui beberapa alternatif kontak yang ada untuk informasi dan pertanyaan lebih lanjut.

Daftar Jadi Orang Tua Asuh

Beri Komentar?

Mari berbagi ide dan opini ....

avatar
wpDiscuz