Blog

Lomba Cipta Hymne Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) 2015

Pendahuluan

Persatuan Tunanetra Indonesia (Pertuni) adalah organisasi kemasyarakatan tunanetra tingkat nasional yang didirikan oleh 4 (empat) orang tokoh tunanetra pada tanggal 26 Januari 1966. Pertuni bertujuan mewujudkan keadaan yang kondusiff bagi tunanetra untuk menjalankan kehidupannya sebagai indifidu dan warga negara yang cerdas, mandiri dan produktif tanpa diskriminasi dalam segala aspek kehidupan dan penghidupan. Pertuni mengemban Visi sebagai Organisasi yang memperjuangkan terwujudnya masyarakat inklusif di mana tunanetra dapat berpartisipasi penuh atas dasar kesetaraan. Sampai saat ini, Pertuni telah memiliki Dewan Pengurus Daerah (DPD) di 33 propinsi dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) di 207 kabupaten / kota di wilayah Republik Indonesia. Jumlah ini akan terus bertambah seiring kesadaran para tunanetra akan pentingnya membangun jejaring.

Tepat pada tanggal 26 Januari 2016, Pertuni akan genap berusia 50 tahun. Dengan demikian, sejak didirikan hingga saat ini, Pertuni telah berkarya, berjuang dan berkontribusi positif bagi upaya pemberdayaan, advokasi dan pemajuan para Tunanetra Indonesia selama kurun waktu 50 tahun. Untuk memaknai 50 tahun perjuangan Pertuni tersebut, kami bermaksud menyelenggerakan “Perayaan 50 Tahun Pertuni” Yang akan meliputi beberapa bentuk kegiatan, salah satunya yaitu “Lomba Mars Pertuni 2015”.

Tujuan

Melalui lomba ini, diharapkan Pertuni sebagai organisasi kemasyarakatan tunanetra tingkat nasional akan memiliki mars yang dapat mempersatukan, memotivasi, menginspirasi para tunanetra di seluruh Indonesia.

Tema Mars

Lomba Mars Pertuni 2015 mengambil tema “Pertuni Berkarya dan Mengabdi bagi Sesama”, dengan memperhatikan hal-hal berikut:

a. Mars harus menggambarkan visi Pertuni yaitu memperjuangkan terwujudnya masyarakat inklusif dimana orang tunanetra dapat berpartisipasi penuh atas dasar kesetaraan.

b. Sebagai rujukan dapat memperhatikan misi Pertuni yaitu:

  • Mengupayakan kesamaan kesempatan pendidikan bagi orang tunanetra pada berbagai jenjang termasuk di lembaga pendidikan umum dalam setting inklusi.
  • Mengupayakan tersedianya aksesibilitas lingkungan fisik agar orang tunanetra dapat menggunakan layanan publik secara lebih mandiri dan aman.
  • Mengupayakan aksesibilitas informasi dan komunikasi agar orang tunanetra memperoleh kesamaan akses ke informasi dan komunikasi melalui berbagai format termasuk Braille, audio, tulisan besar (bagi low vision) dan teknologi komputer.
  • Mengupayakan perluasan kesempatan kerja bagi tunanetra pada semua bidang baik melalui jalur khusus, sistem kuota maupun pasar kerja terbuka.
  • Melakukan advokasi guna memastikan orang tunanetra mendapatkan hak asasinya sebagai warga negara dan mencegah berlakunya peraturan perundang-undangan yang diskriminatif terhadap orang tunanetra.
  • Membangun dan menumbuhkan kesadaraan masyarakat, pemerintah, dan pihak-pihak terkait akan hak-hak orang tunanetra sebagai warga Negara serta ikut berperan dalam memenuhi hak-hak para tunanetra.
  • Membangun PERTUNI menjadi organisasi yang demokratis dan berdaya dari segi SDM, dana, sarana maupun prasarana.

Kriteria Lomba Mars

  1. Lomba terbuka untuk tunanetra di seluruh Indonesia
  2. Mars berisikan perjuangan Pertuni yang tercermin pada visi misi Pertuni
  3. Lirik Mars menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar
  4. Mars harus direkam dengan diiringi satu jenis alat musik atau lebih
  5. Karya harus original (bukan jiplakan), belum pernah dipublikasikan pada media apapun, dan tidak sedang terikat kontrak dengan pihak manapun serta tidak pernah diikutsertakan dalam Lomba Cipta/Kompetisi
  6. Setiap peserta hanya dapat mengirimkan satu karya cipta.

Peserta dapat mengirimkan karyanya dengan cara:

a. Pengiriman via pos

  • Mars direkam dan disimpan dalam bentuk CD atau kaset
  • Menyertakan print-out syair mars
  • Menyertakan biodata penulis berisi nama lengkap, alamat rumah, serta nomor telepon yang dapat dihubungi
  • Menyertakan fotokopi KTP/kartu pelajar
  • Semua persyaratan tersebut disimpan dalam amplop rapi. Tuliskan pada sudut kanan atas amplop “Lomba Mars Pertuni 2015”
  • Kirimkan pada alamat:
    Sekertariat DPP Pertuni
    Jalan Raya Bogor km.19, Ruko Blok Q No. 13-L, RT01 RW04,
    Kramat Jati, Jakarta Timur

b. Pengiriman via email

  • Mars dibuat dalam bentuk rekaman file suara
  • Menyertakan soft copy syair mars
  • Melampirkan biodata pengirim berisi nama lengkap, alamat rumah, alamat email serta nomor telepon yang dapat dihubungi.
  • Melampirkan scan copy KTP/kartu pelajar
  • Sertakan semua persyaratan tersebut, kemudian kirimkan melalui email panitiahut50.pertuni@gmail.com dengan subjek email “Lomba Mars Pertuni 2015”

Ketentuan Tambahan :

  1. Panitia hanya akan memilih 1 (satu) Mars dan akan dijadikan sebagai Mars Pertuni serta menjadi hak penuh Pertuni untuk mengelolanya.
  2. Mars yang tidak terpilih menjadi hak milik panitia.
  3. Mars yang terpilih akan mendapatkan penghargaan/hadiah Rp. 7. 500.000,- (tujuh juta lima ratus ribu rupiah)
  4. Karya cipta diterima panitia paling lambat pada tanggal 16 Oktober 2015
  5. Pemenang akan diumumkan pada tanggal 3 Desember 2015 melalui website Pertuni (www.pertuni.org) atau surat resmi yang dikirimkan pada alamat sesuai KTP/kartu pelajar.
  6. Hadiah akan diserahkan pada saat acara puncak HUT ke 50th Pertuni
  7. Keputusan dewan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat
  8. Panitia tidak diperkenankan mengikuti lomba ini.

Informasi Lebih Lanjut

Panitia Lomba Perayaan 50 Tahun Pertuni, Sdr. Ramadhani pada nomor 083896845431 atau ke sekretariat DPP Pertuni 021-8005480, 081299214478, Fax: 021-8013402 atau email pertuni.dpp@gmail.com

 

 

Beri Komentar?

Mari berbagi ide dan opini ....

avatar
wpDiscuz