e-Library

Salah satu permasalahan besar yang dihadapi oleh para penyandnang disabilitas/difabel di Indonesian adalah minimnya akses informasi. Minimnya akses informasi ini terutama dihadapi oleh penyandang disabilitas visual (tunanetra). Tak sedikit para tunanetra yang mengalami kesulitan untuk mencari buku braille ataupun buku digital (e-book) maupun talking book (audio book).

Kemampuan seorang penyandang disabilitas untuk berkompetisi dengan masyarakat umum tentu sangat dipengaruhi oleh keilmuannya. Para penyandang disabilitas seringkali terjebak dalam keterbatasan kemampuan karena terbatasnya akses mereka untuk menggali informasi dan pengetahuan terbaru.

Mengapa e-Library?

Perkembangan teknologi yang sangat pesat pada masa sekarang ini menjadikan segala sesuatu lebih mudah dan efisien. Bayangkan, sebuah buku braille dapat memiliki berat lebih dari satu kilogram dengan biaya produksi yang sangat besar. Tentu buku braille juga diperlukan, namun dengan biaya produksi yang sangat mahal membuat banyak penyandang disabilitas visual dan lembaga penyandang disabilitas yang tidak mampu untuk membelinya.

Keberadaan e-Library yang tanpa batas juga merupakan salah satu nilai lebih, para penyandang disabilitas dapat dengan mudah mengakses berbagai literatur dari mana saja.

Sasaran e-Library

Pengelolaan e-Library tentu akan sangat bermanfaat bagi para penyandang disabilitas yang sedang menempuh pendidikan. Namun tentu saja kami sangat berharap e-Library juga dapat dijadikan sarana bagi para penyandang disabilitas yang bekerja atau berwirausaha untuk terus mengembangkan pengetahuan dan keahliannya.

Partisipasi

Kami sangat terbuka bagi perorangan ataupun lembaga yang ingin berpartisipasi dalam mewujudkan e-Library ini.

Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut mengenai program ini, silakan menghubungi kami melalui e-mail management@daksa.or.id.