Tebar al-Quran Digital dengan Braille

Ibnu Mas’ud ra berkata bahwa Rasulullah saw bersabda, “Orang yang membaca sebuah huruf dari Kitabullah (Al-Qur`an), maka ia memperoleh suatu kebaikan, sedang satu kebaikan itu akan dibalas dengan sepuluh kali lipat yang seperti itu. Saya tidak mengatakan bahwa alif lam mim itu satu huruf, tetapi alif adalah satu huruf, lam satu huruf dan mim juga satu huruf.” (HR Imam Tirmidzi).

Membaca, menghafalkan dan mengajarkan Al-Quran merupakan sebuah amal kebaikan yang takkan pernah lepas ketika terus diamalkan. Menjadi bagian dari jalan menuju hal tersebut juga memiliki kebaikan serupa.

Bagi ummat muslim yang dianugerahi penglihatan yang “normal” tentu membaca, menghafalkan dan mengajarkan Al-Quran bukanlah sesuatu yang sulit ketika ada kemauan. Namun bagi saudara kita yang dianugerahi penglihatan berbeda (tunanetra) tentu membaca, menghafalakan dan mengajarkan Al-Quran memiliki tantangannya tersendiri.

Salah satu tantangan yang dihadapi adalah keberadaan media membaca, menghafal dan mengajarkan Al-Quran yang harganya masih sulit dijangkau oleh saudara kita yang mengalami ketunanetraan.

Oleh karena itu, Yayasan Daya Akselerasi Aditama (Yayasan DAKSA) dan Komunitas Diffable Inclusive Friendship Forum (Komunitas DIFF) bekerja sama dengan Dompet Peduli Ummat Daarut Tauhiid (DPU-DT) Bandung mengadakan sebuah program Tebar al-Quran Digital dengan Braille yang akan disebarkan kepada sahabat tunanetra muslim dhuafa di seluruh Indonesia.

Kami membuka partisipasi ummat muslim secara umum untuk ikut mewujudkan Tebar al-Quran Digital dengan Braille ini sebagai sebuah upaya bersama menuju masyarakat yang memiliki akses merata terhadap al-Quran.

Anda dapat berpartisipasi dengan cara sebagai berikut:

Al-Quran Digital dengan Braille

Al-Quran Digital ini merupakan al-Quran yang memiliki fitur aksesibilitas sehingga para sahabat tunanetra dengan mudah mengetahui dan mencari surat dan ayat yang hendak didengarkan atau diulang untuk meningkatkan hafalan Al-Quran mereka.

Fitur aksesibilitas serta portabilitas alat ini memungkinkan para sahabat tunanetra untuk membawanya kemanapun. Tidak seperti Al-Quran Braille yang memiliki ukuran dan berat yang menulitkan jika harus dibawa-bawa.

Al-Quran Digital dengan Braille juga memungkinkan seluruh tunanetra, baik tunanetra sejak lahir maupun tunanetra baru, tunanetra yang belum bisa maupun yang sudah fasih huruf braille maupun segmen apapun untuk menggunakan alat ini sehingga dapat menghafal Al-Quran setiap saat.

Nilai paket donasi untuk Al-Quran Digital dengan Braille ini adalah Rp 85.000,- per juz atau Rp 2.500.000,- untuk satu set al-Quran Digital dengan Braille.

Nilai paket donasi di atas sudah termasuk:

  1. Al-Quran Digital dengan Braille;
  2. Biaya distribusi;
  3. Biaya pelatihan penggunaan;
  4. Biaya pelatihan optimasi al-Quran Digital dengan Braille untuk proses menghafal al-Quran bagi tunanetra.

Cara Donasi

Anda dapat menyalurkan donasi Anda melalui:

Transfer Bank

Bank Mandiri
130-00-1270484-0
an. Yayasan Daya Akselerasi Aditama

Harap tuliskan keterangan “AQB” atau “Quran” pada bagian berita saat transfer atau lakukan konfirmasi melalui SMS/WhatsApp/Telegram 081288778687 atau e-mail finance@daksa.or.id.

Donasi Langsung

Donasi secara langsung dapat disampaikan melalui Sekretariat di Jalan Geger Kalong Girang 76B Bandung (dekat Masjid Daarut Tauhiid Bandung). Mohon konfirmasi kedatangan ke Dudu Hafizd 081322281914.

Info Lebih Lanjut

Jika ada pertanyaan atau Anda memerlukan informasi lebih lanjut, silakan hubungi kami melalui layanan kontak yang tersedia di bawah ini:

Telepon: 081322281914 (Dudu Hafizd)
SMS/WA: 081288778687
e-mail: management@daksa.or.id