Arti Nama dan Lambang

Arti Nama

  • Kata DAKSA dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menuju pada arti tubuh, fisik, badan. Makna ini menyimbolkan ruang lingkup sasaran dari Yayasan adalah pada keanekaragaman fisik, perbedaan karakteristik fisik.
  • Kata DAKSA jika diadaptasi ke dalam Bahasa Inggris, mengacu pada skilled, able, proper. Hal ini menyiratkan bahwa Yayasan DAKSA berfokus pada kemampuan, kompetensi/keahlian yang dimiliki oleh setiap orang dengan berbagai perbedaannya. Setiap orang memiliki kemampuan yang sesuai dengan karakternya baik fisik maupun kapasitas psikisnya, sehingga kesetaraan kesempatan tanpa diskriminasi terhadap perbedaan fisik menjadi fokus kami.
  • Kata DAKSA merupakan akronim dari Daya Akselerasi Aditama, yang memiliki arti sebagai kemampuan untuk melakukan percepatan menuju keunggulan. Hal ini menyiratkan visi kami yang memfasilitasi keanekaragaman perbedaan fisik untuk dapat beraktualisasi menjadi yang terbaik sesuai kemampuannya.

Filosofi Logo Yayasan

Logo Yayasan Daya Akselerasi AditamaYayasan DAKSA memiliki logo dengan filosofi sebagai berikut :

Logo dibentuk dari stilasi beberapa unsur:

  1. Stilasi dua telapak tangan yang letaknya simetris, menyangga tiga stilasi tubuh. Simbol ini yang ditonjolkan adalah stilasi ibu jari dan satu telunjuk, ibu jari mempunyai pengertian unsur penentu dalam kerja, tanpa ibu jari, keempat jari hampir tidak bisa bekerja, sedangkan jari telunjuk menujukkan keempat jari.
  2. Dua telapak tangan menggambarkan pengabdian, berbakti dan berserah diri.
  3. Dua telapak tangan mewakili unsur bilangan dua sebagai dua unsur penggerak jalannya organisasi, yaitu unsur penyandang disabilitas/difabel dan unsur masyarakat non-disabilitas.
  4. Stilasi tiga tubuh dalam satu rangkaian berwarna jingga, kuning dan merah muda. Tiga buah stilasi tubuh ini menggambarkan fokus perhatian Yayasan DAKSA pada tiga jenis perbedaan fisik, yaitu tunanetra, tunadaksa dan tunarungu.
  5. Stilasi telapak tangan dipersatukan dengan stilasi tubuh apabila digabungkan akan membentuk stilasi bunga yang menyiratkan makna bertumbuh, berkembang menuju keindahan dan keharmonisan. Penggabungan tersebut juga menjadi gambaran bunga tulip yang memiliki filosofi keanekaragaman (karena banyaknya variasi) serta bermakna kasih yang sempurna.
  6. Tulisan daksa yang berada pada bagian bawah bawah stilasi tangan, dibuat dengan huruf kecil kompak, yang menyiratkan kerendahan hati.

Filosofi warna pada logo Yayasan DAKSA:

  1. Logo Yayasan DAKSA terdiri dari lima warna utama, melambangkan lima sila dalam Pancasila serta menyiratkan keanekaragaman perbedaan yang menyatu menjadi sebuah harmoni.
  2. Warna biru menjadi warna stilasi telapak tangan bagian kanan. Warna biru adalah warna alam semesta, melambangkan cinta, bijaksana, hebat, besar dan kokoh.
  3. Warna hijau menjadi warna stilasi telapak tangan bagian kiri. Warna hijau adalah warna alam, melambangkan adanya suatu ketabahan, keinginan, tekad. simbol kesuburan, dan harmoni. Warna hijau membangkitkan energi dan juga mampu memberi efek rasa aman, perlindungan, menyegarkan, menyejukkan, menyeimbangkan.
  4. Warna jingga merupakaan lambang persahabatan, warna ini menebarkan energi, menghangatkan hati dan memancarkan keceriaan.
  5. Warna kuning melambangkan keunggulan, keriangan dan kebahagiaan.
  6. Warna merah muda tua melambangkan gairah, energi dalam melakukan sesuatu serta menggambarkan kelembutan dan kehalusan rasa.