Visi, Misi, Prinsip & Nilai

Sejak didirikannya sebagai sebuah komunitas para penyandang disabilitas visual (tuna netra) pada tahun 2009 dan menjadi Yayasan Daya Akselerasi Aditama (Yayasan DAKSA)  pada tahun 2013, kami berusaha memfasilitasi para penyandang disabilitas (dulu dikenal dengan penyandang cacat) untuk menghadapi ketidakpastian, rasa takut dan tantangan yang dihadapi saat mengalami hilangnya kemampuan fisik. Kami adalah organisasi yang berbasis komunitas yang didedikasikan “dari dan untuk penyandang disabilitas” untuk meningkatkan kepercayaan diri, penyesuaian diri, kemandirian dan meningkatkan kualitas hidup para penyandang disabilitas di Indonesia.

Visi Kami

Yayasan DAKSA (Daya Akselerasi Aditama) mempunyai visi memberdayakan dan mendukung kemandirian para penyandang disabilitas, menumbuhkan rasa percaya diri, memiliki akhlak mulia dan meningkatkan kompetensi sehingga memiliki kesempatan yang sama di masyarakat luas sebagai upaya peningkatan kualitas hidup para penyandang disabilitas.

Misi Kami

Yayasan DAKSA mempunyai misi:

  1. Menjadi salah satu alternatif wadah bagi para penyandang disabilitas untuk menyampaikan aspirasi dan memfasilitasi solusi dari berbagai permasalahan disabilitas yang sifatnya internal maupun eksternal.
  2. Meningkatkan pengetahuan, sikap dan kompetensi para penyandang disabilitas baik dalam bidang pendidikan maupun pekerjaan.
  3. Meningkatkan kemandirian melalui pemberdayaan kewirausahaan dan pembangunan usaha mandiri.
  4. Memberantas buta kepedulian sosial melalui berbagai peningkatan pemahaman dan empati sosial serta berbagai program kepedulian sosial.
  5. Membangun generasi penyandang disabilitas berakhlak mulia dan memiliki pribadi yang tangguh.

Prinsip dan Nilai

Dalam pelaksanaan kegiatan, Yayasan DAKSA memiliki prinsip

  1. Dinamis
    Yayasan DAKSA bersifat terbuka terhadap segala perkembangan maupun perubahan yang ada selama tidak bertentangan dengan visi dan misi organisasi maupun ketentuan hukum yang ada.
  2. Independen
    Yayasan DAKSA tidak berafiliasi terhadap organisasi politik manapun (non-partisan) maupun kepentingan tertentu sebagian orang atau kelompok maupun golongan, namun mengutamakan kepentingan terbaik bagi para penyandang disabilitas.
  3. Amanah
    Yayasan DAKSA menjunjung integritas, kejujuran dan selalu berusaha meningkatkan kepercayaan publik dan para penyandang disabilitas sebagai stakeholder Yayasan DAKSA.
  4. Profesional
    Yayasan DAKSA bersikap profesional dalam setiap kegiatan yang kami lakukan. Kami berusaha menjadikan Yayasan DAKSA sebagai center of excellence dari lembaga pemberdayaan penyandang disabilitas.
  5. Akuntabel
    Kami menyadari bahwa kepercayaan adalah inti dari apapun yang kami lakukan di Yayasan DAKSA, sehingga tanggung jawab, kejujuran dan akuntabilitas yang baik adalah nilai-nilai utama yang kami perhatikan.
  6. Respect
    Setiap individu adalah unik. Kami menghargai perbedaan dan keunikan setiap individu dalam Yayasan DAKSA. Kami menghargai dan memberi kemungkinan setiap individu untuk memilih, tidak mengintimidasi orang ataupun kelompok lain.
  7. Kerja Tim
    Kami menghargai setiap kontribusi dari anggota, relawan, donatur, rekanan, dan stakeholder lain sebagai sebuah tim dalam Yayasan DAKSA. Kami memberdayakan setiap keahlian yang dimiliki oleh organisasi.
  8. Non-profit
    Yayasan DAKSA tidak mencari keuntungan untuk kekayaan pribadi, tidak menjadikan para penyandang disabilitas sebagai komoditas serta tidak mengeksploitasi penyandang disabilitas maupun anggota lainnya.